Tentang Socineer
www.socineer.com


Tulisan-tulisan dalam situs ini tulisan saya sendiri, kecuali jika disebutkan lain. Nama pena "Socineer" diberikan oleh seorang rekan. Kami sudah belasan tahun tidak bersua, tetapi dia selalu kukenang dan kuhormati. Sekarang saya pakai sebagai nama pena dan nama situs.

socineer

Saya Socineer, bukan siapa-siapa, kemungkinan besar tidak Anda kenal dan temui, hidup tenang di pojok dunia (ini arti literal). Saya mengamati musim datang silih berganti tanpa bisa dihentikan, namun Sang Waktu-pun tidak bisa melarang saya saya untuk berhenti sejenak, merefleksikan diri, dan menuliskan opini tentang apa saja yang terlewat. Saya tertarik dengan seni dan budaya, dengan ekonomi dan bisnis, dengan sejarah dan peradaban manusia, dengan sains dan teknologi, dengan cerita dan puisi. Belasan tahun sudah, saya buang setiap tulisan, setiap cerita, setiap puisi, hilang di rimba Internet, atau hilang karena harddisk komputer tiba-tiba memutuskan untuk berpulang ke Rahmatullah untuk selamanya. Terlihat Alam punya seribu satu jalan untuk menghapus sampah-sampah pemiikiran. Ketika anak saya mulai bisa membaca sedikit-sedikit tulisan dalam Bahasa Melayu, saya berpikir, bagaimana kalau tulisan-tulisan tersebut dikoleksi untuk dibaca oleh mereka kelak? Sehingga mereka tahu dimana letak akar-akar mereka, siapa orang tua mereka, apa artinya hidup dan peradaban. Karena itu, saya mulai menulis dalam sebuah omnibus, kumpulan essay serba-serbi. Semoga tulisan-tulisan ini tidak lagi hilang, terutama karena saya berbagi dengan lebih banyak orang.

Bagaimana corak tulisan yang ada di situs ini? Setelah ditelusuri, tulisan demi tulisan, diskusi demi diskusi, saya mendapatkan diri berfocus pada manusia. Itu bukan sesuatu yang saya inginkan, atau saya rencanakan, tetapi mungkin sudah dari 'sono'-nya demikian. Saya bukan orang religius yang mudah terpesona dengan alam sakral yang mencekam dengan tuntutan yang tak pernah henti. Saya juga bukan seorang patriot yang mudah membara untuk membela ideologi. Saya lebih tertarik pada manusia, manusia secara generik, dan juga manusia secara satu persatu, setiap individu menjadi rampai penuh arti. Amicus Humani Generis, sayapun menjadi sahabat untuk manusia. Saya menghormati mereka yang menghargai martabat manusia dan martabat setiap individu. Saya menghargai kebebasan individu, persamaan derajat manusia, dan persaudaraan antar sesama insan.

Saya terutama suka bercerita, dibanding dengan hanya mengemukakan opini tentang suatu hal. Dalam pandangan saya, opini akhir terkadang kurang penting dibanding dengan proses yang perlu dilalui ke arah opini tersebut. Opini seseorang selalu bisa berubah ketika situasi dan kondisi berubah, namun cerita melukiskan gambaran yang lebih faktual. Setiap pembaca bisa mengambil hikmah dan membuat opini sendiri tentang cerita, dan tidak perlu setuju dengan opini yang saya kemukakan. Perbedaan opini adalah sehat dan membuat hidup lebih bervariasi.

Jika Anda menyukai tulisan saya, Anda bisa berkunjung ke situs ini dari waktu ke waktu. Jika Anda kesulitan untuk akses ke Web, saya bisa mengirimkan Anda setiap artikel yang saya tulis secara berkala. Silahkan mendaftar di Pendaftaran Mail-list.

Terima kasih, salam sejahtera untuk Anda sekeluarga.



Last Revised:Jan 05, 2006
Copyright © 2006 socineer.com
Lihat: Salin Ulang & Redistribusi